KEMENTERIAN PERTANIAN - DIREKTORAT JENDRAL PERKEBUNAN

BALAI BESAR PERBENIHAN DAN PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN AMBON

21/11/2018 - 12:33 PM
Selamat Datang Di Website BBPPTP Ambon     ASN BBPPTP Ambon Tidak Menerima Gratifikasi Dalam Pelaksanaan Tugas Sesuai Yang Berlaku

EVALUASI KELAYAKAN SUMBER BENIH KELAPA BIDO

Di Publish Pada : 12/10/2018 | Kategori : Perbenihan

Pulau Morotai merupakan salah satu pulau paling utara di Indonesia yang terletak di Provinsi Maluku utara. Komoditas unggulan tanaman perkebunan yang dimiliki yakni kelapa, pala dan cengkih. Salah satu diantaranya kelapa Bido yang merupakan varietas asal pulau Morotai yang sudah dilepas sebagai varietas unggul nasional oleh Menteri Pertanian RI sesuai Keputusan Menteri Pertanian Nomor 637Kpts/KB.010/10/2017 tanggal 11 Oktober 2017 tentang Pelepasan Varietas Kelapa Dalam Bido Sebagai Varietas Unggul Tanaman Kelapa Dalam. Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai telah melarang pengeluaran benih kelapa dalam bido dari Pulau Morotai dengan alasan untuk memenuhi kebutuhan pembangunan kebun sumber benih dalam daerah.

Karakteristik varietas kelapa dalam Bido seperti tipe kelapa dalam yang memiliki bol pada pangkal batang, tetapi berbatang sangat pendek, lambat menjadi tinggi, mulai berbuah umur 3 tahun, dan produksi buah di atas 120 butir/pohon/tahun, dengan ukuran buah tergolong besar. Jumlah Pohon Induk Terpilih (PIT) Kelapa Bido yang sudah ditetapkan sebanyak 113 pohon dengan luas 2 Ha. Potensi produksi sebanyak 13.500 butiran/tahun. Mempertahankan kemurnian suatu varietas tanaman perkebunan seperti komoditas kelapa dalam untuk kebutuhan peningkatan produktivitas perlu didukung melalui pengembangan komoditas unggul dengan memanfaatkan potensi plasma nutfah lokal (sifat genetik unggul, daya adaptasi tinggi, dan sifat resistensi). Evaluasi kelayakan bertujuan untuk menilai kelayakan kebun induk dan pohon induk dilihat dari aspek kondisi kebun, kondisi tanaman, kemurnian genetik, kesehatan tanaman, jumlah populasi tanaman dan taksasi produksi benih sesuai dengan Kepmentan Nomor 322/Kpts/KB.020/10/2015 Tentang Pedoman Produksi, Sertifikasi, Peredaran dan Pengawasan Benih Tanaman Kelapa (Cocos Nucifera L.)

Pemeriksaan persyaratan administrasi terhadap dokumen telah memenuhi persyaratan teknis terhadap pohon sumber benih yang telah ditandai dilakukan dengan cara menilai/ membandingkan pohon yang terpilih dengan standar yang berlaku untuk tanaman kelapa meliputi kondisi tanaman, kemurnian genetik, kesehatan tanaman, jumlah pohon induk sesuai penetapan, jumlah pohon induk yang produktif, taksasi produksi benih, taksasi produksi benih seluruhnya per tahun. Kebun sumber benih harus ditetapkan dan dievaluasi, untuk menjamin kelayakan kebun sumber benih dilakukan evaluasi kelayakan kebun induk dan pohon induk kelapa secara berkala paling kurang 1 (satu) tahun sekali dengan tujuan agar sumber benih mampu menghasilkan benih secara enam tepat yaitu tepat jumlah, mutu, jenis, lokasi, waktu, dan harga. Pemeriksaan teknis dan pengamatan lapangan terhadap kelayakan kebun sumber benih kelapa bido kelompok tani di desa Bido dengan luas pertanaman 5,0 Ha dengan pohon induk terpilih (PIT) yang ditandai sebagai PIT sebanyak 113 batang, jumlah tanaman 104 pohon, taksasi produksi benih 9.040 butir/tahun, umur tanaman 37 tahun, produksi kopra 4,5 ton kopra/ha/tahun, jumlah tandan 14 tandan pertahun dan bebas hama penyakit utama homogen (seragam). Berdasarkan hasil evaluasi kelayakan sumber benih kelapa bido di kecamatan Morotai Utara, Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara diperoleh hasil layak untuk dijadikan sebagai Blok Penghasil Tinggi (BPT) kelapa dalam.

 

Referensi:

Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 322/Kpts/Kb.020/10/2015, Jakarta 2015

Peraturan Menteri Pertanian nomor 50/Permentan/Ot.140/4/2015

Laporan Berita Acara hasil pemeriksaan kebun sumber benih kelapa. Tidak dipublikasikan

Penulis : Erick Marlof Luhukay, SP1), Rusman, A.Md2)


Agenda

Kritik Dan Saran

Pengunjung

Pengunjung hari ini : 18
Total pengunjung : 7381

Polling

Survey kepuasan website edit

Apakah website ini bermanfaat ?
Sangat Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kadang Bermanfaat
Kurang Bermanfaat
Kurang Faedah

Galeri Foto

Galeri Video

Copyright © 2017 Direktorat Jenderal Perkebunan - Kementerian Pertanian
Jl. Pertanian Passo Ambon
Telp. : (0911) 361203. Email : balaibesarambon@pertanian.go.id