BALAI BESAR PERBENIHAN DAN PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN AMBON
DIREKTORAT JENDERAL PERKEBUNAN

LABORATORIUM BBPPTP AMBON TERAPKAN DIGITALISASI FORMULIR PENGUJIAN

Diposting     Rabu, 29 Mei 2024 02:05 pm    Oleh    Admin Balai Ambon



LABORATORIUM BBPPTP AMBON TERAPKAN DIGITALISASI FORMULIR PENGUJIAN

Digitalisasi merupakan proses pemberian atau pemakaian sistem digital (KBBI). Sistem digital memiliki kemampuan untuk memproses, menyimpan, mengirim, menerima informasi secara cepat dan efisien. Menilik kemampuannya, pemakaian sistem digital dapat mempercepat kerja personil laboratorium saat menginput data hasil pengujian secara efektif dan efisien serta menjaga rekaman laporan yang dimiliki laboratorium. Selain itu, digitalisasi ini mendukung gerakan paperless yang sedang dicanangkan saat ini. Hal ini sesuai dengan fokus utama dari ISO/IEC 17025:2017 yang manggabungkan penggunaan sistem komputer, rekaman, dan laporan hasil secara elektronik. Selain itu, dalam ISO 17025:2017 menekankan bahwa laboratorium modern terus berkembang dengan teknologi informasi dan komunikasi. Hal tersebut ditandai dengan pernerapan digitalisasi dalam layanan laboratorium.
BBPPTP Ambon telah menerapkan digitalisasi melalui pemakaian Aplikasi berbasis VBA (Makro) Excel. Aplikasi ini berisi formulir pengujian, form penguji, rekam hasil pengujian, cetak formulir hasil, dan visualisasi data pengujian. Aplikasi formulir pengujian ini telah digunakan pertama kali oleh personil laboratorium benih pada hari Rabu, 22 Mei 2024. Menurut para pengguna dengan adanya aplikasi ini mempermudah personil laboratorium dalam melaporkan hasil dengan efektif dan efisien.
Dampak positif yang dirasakan ini, semakin memacu BBPPTP Ambon untuk selalu memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan laboratorium


Bagikan Artikel Ini